Danau Gumbang




Tidak diragukan lagi bahwa pulau Lombok, di provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki banyak sekali tujuan wisata yang sangat indah. Selain pantai dan keindahan bawah lautnya, Lombok memiliki wisata alamnya. Salah satu wisata alam yang sangat menggoda adalah danau air tawar yang terletak di Desa Obel-obel Kecamatan Sambalia Kabupaten Lombok Timur

Menurut cerita masyarakat lokal, nama danau ini sendiri berasal dari kata gumbang yang memiliki arti wadah atau tempat sama dengan bempa atau busu. Airnya  berwarna kehijauan karena didalamnya dipenuhi lumut. Berdasarkan hal tersebut danau ini disebut Danau Gumbang.


Salah satu keunikan danau ini adalah mata airnya yang berasal dari akar-akar pohon yang berada dipinggiran danau, menurut cerita masyarakat setempat, danau ini selain berasal dari akar pohon juga terdiri dari tiga tingkatan yang berbeda dan airnya tidak pernah berkurang apalagi mengering.
 Di sekitar danau para wisatawan dapat berendam sepuasnya di bak alami itu atau sekedar mencelupkan kaki yang lelah berjalan seharian. Menurut kepercayaan suku sasak, air dipercaya dapat menjadi obat segala macam penyakit.


Dan di kawasan ini juga terdapat sebuah pohon tua yang dikeramatkan oleh penduduk setempat. Dengan perantara pohon ini diyakini bahwa apa yang kita inginkan dapat terkabul. Karena keindahannya ini, banyak wisatawan datang ke sana bukan saja menyaksikan keindahan alamnya tapi juga sekaligus melakukan aktifitas lain yang menyenangkan. Salah satunya adalah bermalam di sekitar danau.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Danau Gumbang"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.