Perkasanya Tiu Skeper dari Utara



Didaulat sebagai air terjun tertinggi di NTB, Tiu Skeper menjadi lokasi air terjun yang banyak diburu para traveler, dengan ketinggian mencapai 83 meter, membuat tiu Skeper masuk dalam sepuluh besar air terjun tertinggi di Indonesia.


Perjalanan menuju air terjun Skeper, salah satu obyek wisata hutan lindung, memerlukan dua jam dari air terjun Tiu Teja di Desa Santong Kecamatan Kayangan Kabupaten Lombok Utara. Wisatawan lokal dan asing yang datang ketempat ini mengakui keindahan air terjun ini dengan ketinggian mencapai 80 meter dan termasuk 10 besar air terjun tertinggi di Indonesia.


Air Terjun Tiu Skeper dan air terjun Tiu Teja termasuk deretan wisata alam Lombok Utara yang eksotis sehingga membuat banyak orang terkesima bila sudah mengalihkan pandangan mata kepadanya. Berbeda dengan air terjun lainnya, Tiu Skeper diapit dua jurang terjal dengan corak pepohonan yang hijau dan bergelombang.


Keindahan yang dimiliki air terjun Skeper tersebut tidak terlepas dari perjalanan panjang sejarahnya. Menurut warga setempat air terjun skeper ini merupakan peninggalan kerajaan Datu Tambing yang sirna bersama rakyatnya. Adapun letak istananya di sekitar air terjun tersebut. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya undak-undak sekeliling air terjun dan tujuh buah sumur yang diduga sebagai tempat pemandian Datu Tambing serta pancuran air yang terletak di sebelah barat daya air terjun yang sewaktu-waktu bisa muncul jika mengalami nasib mujur.


Desa Santong yang memiliki luas 880 ha dengan jumlah penduduk 7.636 jiwa. Obyek wisata ini memiliki nilai jual tinggi sehingga destinasi wisata ini potensial berkembang dengan pesat bila dikelola ditata dan dipelihara dengan baik oleh pihak-pihak terkait terutama oleh pemerintah daerah yang melibatkan masyarakat setempat.


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

3 Response to "Perkasanya Tiu Skeper dari Utara"

  1. Unknown says:
    17 April 2015 pukul 19.09

    di atasnya skeper Air terjun Tiu Sampurarung siap menunggu untuk kau datangi

  2. Unknown says:
    9 Juni 2015 pukul 19.11

    ada fotonya..? harus ngecamp yaa..? berapa lama perjalanan..? kirim dong fotonya ke email jelajahlombok2014@gmail.com

  3. Unknown says:
    23 Januari 2016 pukul 03.33

    masih denger kabar doang...belum sempat ke lokasi :D
    Wisata lombok sumbawa

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.